CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

ANDA PENGUNJUNG KE

Kamis, 12 Maret 2009

Pengenalan Action Script

Apa sih gunanya ActionScript?ActionsScirpt mempunyai banyak kegunaan, untuk contohnya ActionScript bisa dipakai
untuk:
- Membuat Web Interaktif
- Membuat CD interaktif
- Membuat presentasi yang bagus
- Membuat Game interaktif
- Membuat Game Online
- Membuat Simulasi dan animasi dalam pembelajaran
- ActionScript juga bisa berkomunikasi dengan bahasa pemrograman lain seperti PHP dan ColdFusion
- dan masih banyak juga yang lainnya..Object dan Frame ActionsStruktur dasar dari sebuah aksi
adalah: saatSesuatuTerjadi(input) { lakukanAksi }
Ada dua macam Action yang terdapat dalam ActionScript: object actions dan frame actions. Object Actions - MovieClips
Object actions adalah sebuah actions dari ActionScript yang di tempatkan didalam object. yang didalam flash dikenal
dengan symbol baik itu MovieClip ataupun Button. didalam flash ada 3 macam symbol: MovieClip, Button dan Graphic.
MovieClip dan Button bisa diberikan Actions sedangakan Graphic tidak.object action menempati instance dari sebuah
symbol, bukan symbol itu sendiri. symbol yang sudah didalam stage (bukan dalam library) mempunyai properties dan
method masing masing. Untuk contoh sebuah Action yang di tempatkan dalam MovieClip Download Fla.
- Buka file object actions - MovieClip.fla dengan menggunakan software flash(Macromedia Flash 8 atau versi yang
terbaru)
- Jalakan Movie tersebut : Control > testMovie
- tekan mouse dan gerakan. maka kotak yang ada disebelah kiri akan bergeser, tetapi tidak dengan kotak yang
disebelah kanan. MovieClip yang berbentuk kotak yang disebelah kiri telah disisipi object action sedangkan movieClip
yang berbentuk kotak disbelah kanan tidak. untuk melihat script bukan panel action di flash: Window > Actions dan klik
MovieClip kotak yang disebelah kiri.
Script ini akan terus berfungsi selama MovieClip yang diberikan script ini masih ada, dan tidak tergantung kepada
frame. Didalam script tersebut terdapat dua buah function onClipEvent, onClipEvent ialah sebuah event Handler
(bingung di bahasa indonesiain gimana, keadaan dimana sesuatu telah terjadi. jadi onClipEvent ini adalah sebuah fungsi
yang akan terus mengawasi apa yang sedang dilakukan oleh user. mouseDown adalah saat user menekan mouse dan
mouseUp adalah saat user berhenti menekan mouse. mouseDown dan mouseUp adalah input variabel yang akan di
lakukan user. starDrag aksi yang dilakukan setalah user memberi inputan sesuai dengan fungsi, dan (this) adalah
instance atau object yang akan melakukan aksi,(this) ini juga bisa merupakan nama dari instance kalo nama instance
dari kotak tersebut adalah kotakkiri maka script tersebut menjadi starDrag(kotakkiri) . beberapa event yang terdapat
dalam movieClip:
- load
- unload
- enterFrame
- mouseMove
- mouseDown
- mouseUp
- keyDown
- keyUp
- data Object Actions - Button Object actions yang disisipkan didalam button mempunyai structure yang sama bedanya
hanya dalam event handler dimana kalau didalam movieClip adalah onClipEvent sedanangkan pada button adalah on.
beberapa event yang terdapat dalam button:
- press
- release
- releaseOutside
- rollOver
- rollOut
- dragOver
- dragOut
- keyPress
www.kihajdartheywanttorock.com
http://kihadjartheywanttorock.com Powered by Joomla! Generated: 12 March, 2009, 12:21
untuk contoh Download Fla. Frame Actions Frame Actions dalam penggunaanya hampir sama dengan object action.
kalo object action adalah ActionScript yang disisipkan pada sebuah object sedangkan Frame Action adalah ActionScript
yang disisipkan pada frame di movie flash. dan script ini akan berjalan apabila movie berada pada frame yang telah
disisipi oleh script. dalam penempatannya klik terlebih dahulu frame yang akan di sisipi script dan tuliskan actionsctipr
didalam panel action. untuk contoh Frame Action Download Fla.
- Buka file frame action.fla.
- perhatikan pada frame 36 di layer 1, di frame tersebut action disisipkan.
- klik di frame tersebut.
- buka action panel.
frame 36 di layer 1 adalah tempat dimana frame tersebut disisipkan, dan script akan berjalan atau dieksekusi apabila
movie telah berada pada frame tersebut, coba jalankan file tersebut dengan control > test Movie kotak akan bergerak
dari kiri ke kanan. dan pada saat telah berada di kanan dimana frame movie berada pada frame 36 makan script akan di
eksekusi. script yang disisipkan disini adalah stop(); , dan berfungsi untuk menghentikan jalannya animasi dan di frame
tersebut berhenti.
Dot Syntax
ActionScript sama dengan JavaScript keduanya menggunakan apa yang disebut dengan dot syntax. untuk contohnya
apabila kamu mempunyai sebuah MovieClip di stage yang diberinama instance kotak dan didalam MovieClip tersebut
terdapat sebuah MovieClip yang diberi nama instance lingkaran, maka untuk mengakses MovieClip longkaran adalah
dengan
_root.kotak.lingkaran
_root disini adalah dasar dari sebuah flash movi, jika kamu ingin mencari titik x di stage maka yang digunakan adalah
xPosisition = _root.kotak.lingakan._x;
_x adalah property yang menyatakan posisi horizontal dari sebuah object.
Properties
Properties adalah ciri ciri dari sebuah object. setiap object di flash memiliki properties. Beberapa contoh dari protperti di
flash adalah:
- Beerapa lebar sebuah object (_widht)
- Dimana letak object tersebut (_x untuk posisi horizontal dan _y untuk posisi vertical)
- Di frame manakah sebuah MovieClip sedang berjalan (_currentframe)
- Nilai transparant (_alpha)
- Nama dari object(_name)
- Bisa dilihat atau tidak (_visible)
- Bisa dipergunakan atau tidak (_enabled) A property is a piece of an object. Most objects are simply collections of
properties. Examples of some movie clip properties are:
- how wide it is (_width)
- where it is on the stage (_x and _y)
- what frame is currently being played (_currentframe)
- how transparent it is (_alpha)
- its name (_name)
- whether it's visible or not (_visible)
Properties bisa di ketahui atau bahkan di ganti. untuk contohnya, apabila kita ingin mendapatkan lebar dan tinggi dari
sebuah MovieClip yang mempunyai instance name "kotak":
lebarKotak = _root.kotak._width;
tinggiKotak = _root.kotak._width;
www.kihajdartheywanttorock.com
http://kihadjartheywanttorock.com Powered by Joomla! Generated: 12 March, 2009, 12:21
Apabila kita ingin mengganti lebar dan tinngi dari MovieClip kotak tersebut dengan tinggi dan lebar sesuai dengan
keinginan kita maka digunakan script:
_root.kotak._width = 100; apa bila kita menginginkan lebar kotak adalah 100
_root.kotak._height = 200; apa bila kita menginginkan tinggi kotak adalah 200
Hampir semua properties dalam ActionScript dimulai dengan undersocre (_).Methods
Method adalah apa yang bisa di lakukan oleh sebuah object atau apa yang bisa kamu lakukan untuk sebuah object,
beberapa contoh method yang bisa dilakukan dalam flash adalah:
- Stop(), untukMenghentikan MovieClip yang sedang berjalan.
- gotoAndPlay(frametujuan), untuk pergi ke frame tertentu dan mulai menjalankan MovieClip di frame tersebut.
- gotoAndStop(frametujuan), untuk pergi ke frame tertentu dan mulai menghentikan MovieClip di frame tersebut.
- Mouse.hide(). untuk menghilangkan cursor.
untuk contoh apabila kita ingin sebuah MovieClip yang bernama instance "kotak" berhenti di frame 10, maka digunakan
script:
_root.kotak.gotoAndStop(10);
Events and Event Handlers
Ada dua cara dalam penyisipan actionScript seperti yang telah dijelaskan sebelumnya yaitu object actions dan frame
actions dalam penggunaannya. apabila kita menggunakan object action maka script ditempatkan pada objectnya.
contoh pada button berinstance "gerak_btn" untuk menghentikan MovieClip berinstance "kotak_mc":
on(release) {
_root.kotak_mc.stop();
}
contoh pada button berinstance "berhenti_btn" untuk menjalankan MovieClip berinstance "kotak_mc":
on(release) {
_root.kotak_mc.play();
}
untuk contoh Download Fla.
dan apabila kita menyisipkan pada frame maka kita harus mengidentifikasikan terlebih dahulu object yang akan
melakukan event.
gerak_btn.onRelease = function () {
_root.kotak_mc.play()
www.kihajdartheywanttorock.com
http://kihadjartheywanttorock.com Powered by Joomla! Generated: 12 March, 2009, 12:21
}
berhenti_btn.onRelease = function () {
_root.kotak_mc.stop()
}untuk contoh Download Fla. Maaf apabila terdapat kesalahan dalam pengetikan dan dalam isi, karna saya juga masih
belajar dan tidak bermaksud untuk menggurui.
www.kihajdartheywanttorock.com
http://kihadjartheywanttorock.com Powered by Joomla! Generated: 12 March, 2009, 12:21

Selasa, 11 November 2008

KeLAbU....
Hari ini aku bertemu dengan orang yang satu atap denganmu.Aku sudah berjanji pada diriku sendiri untuk selamanya mengunci bibirku rapat-rapat, darimu juga dari mereka.Kamu tahu kan, aku punya seseorang yang juga dari atapmu?Tapi tiba-tiba dia menghampiriku menyampaikan salam terhangatmu, untukku..!!!Wisnu! Aku sudah melupakanmu...Tapi menguburmu aku tak sanggup!!!Setiap aku melihatnya dengan seragam itu, aku selalu ingat kamu.Setiap aku melihat teman satu atapmu dengan seragam itu, aku selalu ingat dia...Siksaaan macam apa ini???!!!Menyelubungiku dengan haru biru yang membuncah dari dasar hatiku..Aku mencintaimu, Wisnu..Tapi hidup nyataku ada bersama dia.Ijinkan aku mencintainya melebihi cintaku padamu.
NekadKu...
Percaya kan, kalo yang namanya nekad itu unpredictable???Gara-gara aku ribut kecil malam harinya, lalu terbangun dengan perasaan yang sedikit kacau dan ditambah dengan isi sms mu yang bikin aku tambah ancur...Pagi itu aku putuskan untuk nekad kad kerumahmu untuk pertama kali.Bener-bener nekad. Ng-bus dengan diantar satpam kantor.."makasih pak satpam", masih oper lagi bus kota, lalu berhenti di ujung perbatasan darat dan laut, memberanikan diri tuk nyebrang laut, masih harus naek angkot sendirian diantara jutaan bahasa daerah yang ngeri menggelitik kupingku kiri dan kanan.. akhirnya sampailah aku di hadapanmu. Cengengesan plus keringetan... fiiuhhhh...!!!! 3 jam perjalananku hanya untuk ketemu kamu...Siang itu di teras rumahmu yang dengan amat terpaksa mau tidak mau hanya selama 2 jam saja.Kembali aku melanjutkan sisa perjalananku.... kembali 3 jam ku terulang... tapi kali ini aku naek motor bonceng kamu, kembali ke tengah laut, nyari-nyari bus kota.. bayar peron masuk ke bus yang akan membawaku ke kota ku...Huwwaaaaaaaaaah.. capek..tapi seneng.. seneng tapi capek... IT'S Worth It lah.....
Belajarlah Tentang Aku...
Jangan mengeluh, duhai kekasihku....Jangan pula engkau menyerah..Memahamiku tidaklah sesulit yang engkau bayangkan.Dan ketika dirimu tiba pada saat dimana segala keindahanku dibukakan untukmu,Airmata tak akan pernah cukup untuk menggambarkan kebahagiaanmu menemukanku.Demi sebuah perjalanan hidup, pantaslah aku menghiasi kanvas hatimu.Menorehkan goresan-goresan penuh warna dan makna dalam setiap lekuk jiwamu.Aku yakin itu...!!!Maka yakinlah, memahamiku tidaklah sesulit yang engkau bayangkan.Belajarlah tentang aku,Seumur hidupmu.